Belajar Tips Investasi Saham dari Buku Joel Greenblatt

Buku Joel Greenblatt | Sumber: Google.com

Yuk kita belajar dari buku Joel Greenblatt, utamanya dari judul “The Little Book That Still Beats The Market”.

Tahukah kamu siapa itu Joel Greenblatt?

Yap Joel Greenblatt merupakan pendiri Gotham Funds yang memperoleh profit secara konsisten sebesar 40%/tahun hampir selama 20 tahun dari 1986 sampai 2006. Prinsip dari investasi beliau adalah Value investing, prinsip ini sama dengan Benjamin Graham yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya!

Pada buku yang berjudul The Little Book That Still Beats The Market yang Joel Greenblatt tulis merupakan langkah-langkah sederhana yang sangat mudah kamu implementasikan untuk membeli saham yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang.

Yuk kita bedah buku ini segera! Berikut 3 Tips Penting Dalam berinvestasi ala Joel Greenblatt:

Lihat pada Earning yield dan Return on Capital untuk mengevaluasi saham

Strategi Joel sangatlah mudah, hanya menggabungkan earning yield (EY) dan Return on Capital (ROC) plus dengan beberapa aturan dan guideline.

Earning yield ini menggambarkan berapa banyak uang yang merupakan ekspektasi untuk didapatkan tiap tahun, untuk setiap uang yang kamu investasikan dalam saham/perusahaan tersebut.

Kamu perlu mencari earning per share tahun lalu (berapa banyak pendapatan yang kamu peroleh oleh perusahaan di bagi dengan jumlah total saham yang beredar) dan harga saham sekarang untuk memperoleh nilai tersebut.

Contoh Perhitungan : 

Jika tahun lalu perusahaan A memperoleh Rp200 per lembar saham, dan harga saham sekarang sebesar Rp 8000, maka tinggal di bagi 200/8000 = 0.025 atau setara dengan 2.5% (EY), dengan ini maka setiap uang yang kamu investasikan akan mendapatkan return sebesar 2.5%.

Selanjutnya kita membahas mengenai Return on Capital (ROC)

ROC bermanfaat untuk mengetahui jumlah uang yang kamu investasikan menjadi profit nyata. Cara menghitungnya adalah dengan rumus 

[ROC = Laba Bersih/Modal yang diinvestasikan]

Contoh Perhitungan :

Jika sebuah perusahaan menginvestasikan sebesar $500.000 ke mesin produksi baja memperoleh profit sebesar $200.000 dalam tahun pertama, maka ROC yang kamu peroleh adalah $200.000/$500.000 = 0.4 = 40%.

Nilai ROC diatas 25% menandakan profit perusahaan tersebut solid.

Urutkan dan Kombinasikan kedua faktor tersebut untuk menemukan perusahaan yang unggul

Setelah mengetahui kedua aspek tersebut, maka saatnya mencari perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Pertama-tama urutkan terlebih dahulu perusahaan yang mendapatkan Earning Yield yang tinggi lalu kamu ikuti dengan ROC yang tinggi. Setelah itu kombinasikan ranking tersebut agar kamu peroleh perusahaan yang memiliki EY dan ROC yang tinggi.

Carilah sekitar 20-30 perusahaan yang memiliki EY dan ROC yang tinggi sesuai yang telah kamu urutkan, lalu investasikan ke beberapa perusahaan tersebut. Tunggulah setelah setahun, lalu jual yang profit dan loss, dan ulanglah terus menerus sampai mahir dalam waktu pembelian dan penjualan saham sehingga kamu memperoleh profit yang konsisten.

Konsisten dan Bersabarlah dengan Strategi Ini

Tahap yang tersulit dalam investasi adalah tidak konsisten, malas, dan tidak sabar pada strategi investasi yang dilakukan. Diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam strategi investasi ini, pertahankanlah strategi ini maka kamu dapat memperoleh profit yang konsisten kedepannya.

Sekarang sobat OneAset sudah tau kan tips penting dalam berinvestasi ala Joel Greenblatt dalam buku The Little Book That Still Beats The Market. Boleh bantu komen nih kalau ada buku finance dan investment yang sobat ingin tau tipsnya.

Jangan lupa like dan share agar informasi ini menjadi lebih bermanfaat! 

Sumber : 

https://fourminutebooks.com/the-little-book-that-still-beats-the-market-summary/

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

7 Comments

  1. Ping-balik: 2springs
  2. Ping-balik: เว็บตรง
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin