Analisis Kebangkrutan Perusahaan, Penting?

Kebangkrutan | Medium

Analisis fundamental suatu perusahaan sering kita gunakan untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan menghasilkan profit dan kemampuan perusahaan untuk bertahan dalam industri atau pasar sehingga kita dapat berinvestasi pada perusahaan yang sehat. Namun, seringkali kita lupa bahwasannya terdapat analisis potensi kebangkrutan perusahaan yang dapat membantu kita dalam memilih perusahaan yang sehat. Padahal, analisa potensi kebangkrutan itu tidak kalah pentingnya dengan analisa fundamental dan analisa teknikal, lho!

Pertama, mari mengenal apa itu analisis potensi kebangkrutan perusahaan. Kebangkrutan adalah ketidakpastian mengenai kemampuan atas suatu perusahaan untuk melanjutkan kegiatan operasionalnya ketika kondisi keuangan yang dimiliki mengalami penurunan. (Lemsana, 2003 : 174). Kondisi ini biasanya tidak muncul begitu saja di perusahaan. Ada indikasi awal yang dapat menunjukkan adanya potensi bangkrut jika melakukan analisis ini pada laporan keuangan.

Menurut Hanafi (2008), terdapat empat variabel yang menunjukkan perbedaan antara perusahaan yang bangkrut dengan yang tidak bangkrut adalah :

  • Tingkat return yang lebih rendah.
  • Hutang yang tinggi.
  • Fixed payment coverage yang lebih kecil.
  • Fluktuasi return saham yang tinggi dengan return saham yang rendah.

Dengan melihat keempat variabel tersebut dan dengan metode tertentu, kita dapat menganalisa potensi kebangkrutan. Setelah memperoleh hasil analisa, kita dapat menggunakan informasi tersebut untuk menentukan perusahaan mana yang ingin kita taruh investasinya, perusahaan mana juga yang mampu memberikan profit dalam jangka waktu panjang, dan apakah perusahaan-perusahaan yang dianalisa sehat atau tidak.

Jadi, sobat, ternyata analisis potensi kebangkrutan itu tidak kalah penting lho dari analisa lainnya. Banyak manfaat yang terkandung dengan melakukan analisis potensi kebangkrutan. Apakah sobat menjadi tertarik untuk melakukan analisis ini? Yuk mulai lakukan analisisnya mulai sekarang! Baca juga yuk tentang pentingnya asuransi ini: https://davidwijaya.com/2022/06/02/pentingnya-asuransi/

Source : 

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

9 Comments

  1. At the beginning, I was still puzzled. Since I read your article, I have been very impressed. It has provided a lot of innovative ideas for my thesis related to gate.io. Thank u. But I still have some doubts, can you help me? Thanks.

  2. Ping-balik: Prep online order
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin