Sesimpel Ini Kelola Keuangan Ala Fumiko Chiba

Kamu pasti tahu kalau orang Jepang terkenal dengan filosofi hidup yang unik seperti mindfulness sampai minimalism. Pernah mendengar nilai-nilai hidup seperti wabi-sabi, ikigai, atau kaizen? Nah, kali ini kamu bakal kenalan sama Kakeibo yaitu filosofi tentang finansial dari Jepang. Kakeibo merupakan seni menabung dari Jepang yang dilakukan dengan cara mencatat keuangan secara manual. Artinya, pencatatan keuangan dilakukan di atas kertas dan ditulis manual menggunakan pulpen atau pensil. Pencatatan keuangan yang dilakukan secara manual dinilai dapat mencapai tujuan keuangan lebih cepat, loh karena kamu menjadi lebih sadar akan uang. Yuk simak pembahasannya dari buku “Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money” oleh Fumiko Chiba!

Beda Metode Kakeibo vs Metode Budgeting Lainnya

  • Memprioritaskan Menabung

Kakeibo memprioritaskan budget menabung terlebih dahulu, baru kemudian mengatur pengeluaran untuk kebutuhan kita. Tujuan utama dari Kakeibo adalah memprioritaskan menabung untuk dapat membentuk kebiasaan menabung.

  • Unsur Mindfulness

Seni atau tindakan menulis secara manual dapat membuatmu memiliki kesadaran diri dalam menggunakan uang dan conscious mind untuk bisa memprioritaskan hal-hal yang memang penting.

  • Mindset Menabung Bukan Beban

Terkadang, ketika kita berpikir tentang menabung, fokus pikiran kita adalah uang yang tidak bisa kita gunakan. Padahal, menabung itu artinya kita menggunakan uang dengan baik. Jadi menabung bukanlah sebuah beban jika kamu mengubah mindset.

Hal Yang Kamu Perlukan

-Pencatatan secara rinci dan rutin karena pada dasarnya, Kakeibo mirip dengan membuat jurnal keuangan. Artinya, kamu harus mencatat pemasukan dan pengeluaran, serta kebutuhan tambahan lainnya dalam bentuk catatan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Amplop karena selain mencatat secara rinci pendapatan dan pengeluaran dalam sebuah jurnal, kamu juga sebaiknya membagi beberapa pos pengeluaran sesuai tujuannya di amplop. Cara ini dapat memudahkan dan membantu memisahkan pengeluaran agar lebih terorganisir, loh.

Evaluasi setiap akhir bulan dengan melihat kembali Kakeibo untuk melakukan refleksi bagaimana kamu mengatur keuangan.

Cara Pakai Metode Kakeibo 

Jika ingin menerapkan metode Kakeibo ala Fumiko Chiba, kamu perlu secara rutin menanyakan 4 pertanyaan ini pada dirimu sendiri:

  • Berapa Banyak Uang yang Tersedia?

Poin ini berhubungan dengan jumlah uang yang kamu miliki atau juga bisa mengacu pada setiap kali kamu menerima uang. Misalnya uang gaji, bonus, uang yang kamu dapat dari side hustle, atau uang sisa bulan lalu.

  • Berapa Banyak Uang yang Ingin Kamu Tabung?

Selanjutnya, tentukan jumlah uang yang ingin kamu tabung. Awalnya, coba tentukan nominal menabung yang masuk akal terlebih dahulu, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak (misalnya mulai dari menyisihkan 10% penghasilan).

  • Berapa Banyak Uang yang Kamu habiskan?

Uang yang kamu habiskan adalah uang yang akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu. Kamu bisa tahu jumlahnya dari hasil pengurangan pendapatan dengan uang yang akan kamu tabung.

Uang yang akan kamu habiskan terbagi menjadi 4 kategori, yaitu:

Survival: kebutuhan pokok atau hal-hal wajib yang mesti kamu bayar seperti cicilan rumah, biaya makan, listrik, uang bensin, dan uang sekolah.

Optional: kebutuhan yang masih berkaitan dengan kebutuhan pokok namun tidak akan mempengaruhi kehidupanmu kalau tidak kamu lakukan. Misalnya, makan di cafe atau belanja baju.

Culture: kebutuhan yang bersifat hiburan seperti berlibur, nonton bioskop.

Extra: kebutuhan yang sifatnya mendesak atau darurat seperti biaya berobat, kado.

Bagaimana Saya Bisa Meningkatkan Uang yang Kamu Tabung?

Poin ini berhubungan dengan evaluasi, mulai analisis pos mana yang pengeluarannya lebih besar. Lalu, analisis setiap kategori dan perhatikan bagian mana yang bisa kamu kurangi agar uangnya bisa kamu tabung. Selanjutnya, lakukan evaluasi dari amplop-amplop yang kamu miliki. Catat pos mana saja yang isi amplopnya masih tersisa dan pos mana yang banyak menghabiskan anggaran. Evaluasi dan pencatatan dapat memberitahu posisi dan kondisi keuangan kamu secara detail sehingga bisa membuat keputusan pengeluaran uang sesuai dengan prioritas.

Sesudah membaca metode Kakeibo, jadi sadar perlu komitmen dan juga sikap yang telaten dalam menerapkan metode ini yaa :).

Tapi, kamu pasti bisa asalkan ada niat, ya kan! 

Semoga metode Kakeibo ala Fumiko Chiba ini kasih kamu insight baru ya untuk kelola keuanganmu!

Sumber: https://finansial.bisnis.com/read/20211103/55/1461831/apa-itu-kakeibo-jurus-jitu-nabung-dan-hidup-hemat-ala-jepang

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

9 Comments

  1. I am an investor of gate io, I have consulted a lot of information, I hope to upgrade my investment strategy with a new model. Your article creation ideas have given me a lot of inspiration, but I still have some doubts. I wonder if you can help me? Thanks.

  2. Ping-balik: ข่าวบอล
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin