Sesimpel Ini Literasi Finansial ala Robert Kiyosaki

Robert Kiyosaki, seorang investor dan penulis terkenal. Dalam bukunya Rich Dad, Poor Dad menggarisbawahi betapa pentingnya untuk “kenal” soal literasi finansial. Finansial stabil ataupun menjadi kaya sebenarnya mengacu pada seberapa mampu seseorang untuk menjaga agar uang atau sumbernya terkelola dengan baik dan stabil serta kamu gunakan dengan baik.

Hal ini sangat penting karena sekaya maupun selancar apapun pendapatan seseorang. Jika kamu gak mampu mengambil “keputusan” atau “mengelola” dengan tepat finansialnya maka finansial kamu akan tidak stabil hingga memburuk. 

Sesimpel Ini Bedanya Asset dan Liabilitas

Dalam Rich Dad, Poor Dad, kamu tekankan untuk bisa membedakan antara asset dan liabilitas. Aset secara sederhana adalah sesuatu yang memiliki nilai ekonomi dan memproduksi pendapatan. Plus memiliki tempat sejenis pasar untuk menjual atau membelinya. Berbeda dengan asset, liabilitas adalah kewajiban yang harus kamu bayarkan atau sederhananya juga adalah utang. 

Cash-flow Rich People vs Mid Class dalam Rich Dad, Poor Dad

Dari diagram diatas, Robert Kiyosaki menerangkan perbedaan mendasar antara orang kaya dengan orang yang tidak kaya. Orang kaya akan terus menjadi kaya karena mereka membeli asset, yang menambah uang, dan menjaga kewajiban atau liabilitas mereka tetap seminimal mungkin. Artinya adalah orang kaya akan menghindari memakai uangnya untuk hal-hal yang tidak memberi keuntungan balik apalagi jika itu menambah hutang mereka. Sebaliknya, orang yang tidak kaya melakukan sebaliknya dengan banyak menambah kewajiban atau utang mereka tanpa menambahkan asset asset untuk menghasilkan uang dimasa depan. 

Hal ini memberikan ilmu literasi finansial bahwa tidak selalu penting untuk memikirkan seberapa uang yang dirimu hasilkan. Tetapi bagaimana kamu menjaganya bahkan menggunakannya untuk membuatmu semakin kaya. Sederhananya adalah fokuslah dalam membeli asset atau menyalurkan uangmu kepada hal hal yang memberikanmu balikan uang dan sebaliknya jagalah agar kewajiban atau utang serta pengeluaranmu tetap kecil. Hasilnya adalah asset yang bernilai akan semakin bertambah.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Robert_Kiyosaki

https://money.kompas.com/read/2021/10/22/113333026/aset-pengertian-jenis-sifat-dan-contohnya?page=all

https://money.kompas.com/read/2022/04/11/234645926/mengenal-apa-itu-liabilitas-jenis-contoh-dan-karakteristiknya?page=all

https://learn.roofstock.com/blog/rich-dad-poor-dad-summary#:~:text=The%20overarching%20theme%20of%20Rich,a%20liability%2C%20and%20much%20more.

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

3 Comments

  1. Ping-balik: slot gacor
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin