Sesimpel Ini Memilih dan Memakai Aplikasi Reksadana Untuk Pemula

Aplikasi-aplikasi online investasi termasuk aplikasi untuk Reksadana telah tersedia dan menyediakan layanan untuk membantu investor pemula dengan mekanisme mengarahkan para pengguna aplikasi untuk berinvestasi reksadana dengan pertimbangan yang mereka tawarkan berupa algoritma aplikasi seperti profil resiko, kesesuaian usia, tingkat toleransi resiko, dan pertimbangan keadaan finansial dari calon investor. 

Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi ini juga membantu dalam menyeleksi manajer investasi Reksadana yang berkualitas dan memilihkannya bagi calon investor dengan kriteria tertentu seperti performa yang konsisten dan reputasi yang baik dalam mengelola keuangan dari investor. 

Aplikasi online untuk berinvestasi Reksadana terbilang dapat banyak membantu bagi calon investor. Tentunya untuk bisa aman dan baik dalam berinvestasi jika tepat dalam memilih dan menggunakannya. 

Pastikan Legalitas Aplikasi Reksadana

Tips pertama dalam memilih aplikasi ini adalah memastikan legalitas dari aplikasi investasi tersebut. Cara memastikannya bisa dengan mengecek terdaftar atau tidaknya serta statusnya sebagai aplikasi dan perusahaan Reksadana di OJK. 

Baca Ketentuan dari Aplikasi Perusahaan Reksadana

Kedua, baca ketentuan atau terms of conditions dari aplikasi atau perusahaan Reksadana tersebut. Terms of conditions secara sederhana adalah informasi berupa perjanjian atau ketentuan yang terjadi antara pengguna dengan pemilik layanan. Dari sini calon investor akan mengetahui mengenai pengelolaan data pribadi dari peserta layanan atau aplikasi hingga bagaimana kerahasiaannya.

Perhatikan Kemudahan yang Aplikasi Tawarkan

Ketiga, perhatikan kemudahan yang aplikasi tersebut berikan. Kemudahan ini bisa berupa apakah aplikasi tersebut ramah pengguna? Mampu memberikan informasi up to date, dan bentuk informasi yang mereka berikan seperti apa?

Perhatikan Testimoni Pengguna

Terakhir, perhatikan kolom testimoni dari pengguna aplikasi atau layanan tersebut. Sebab dari penilaian mereka yang sudah terlebih dahulu menggunakan dapat disimpulkan aplikasi tersebut baik digunakan atau tidak.

Selain dari memilih dan menggunakan layanan investasi serta daftar perusahaan Reksadana yang tersedia dalam aplikasi. Penting juga untuk memastikan kecocokan antara tujuan kita berinvestasi dengan pilihan yang tersedia dalam bentuk layanan di aplikasi/perusahaan Reksadana tersebut. 

Hal ini akan berkaitan dengan jangka waktu investasi hingga karakteristik Manajer Investasi (MI) yang cocok dengan kita apa. Dalam memilih Manajer Investasi (MI, harus memperhatikan legalitas, rekam jejak, sistem pengelolaan dana, prospek investasi yang mereka tawarkan, dan expense ratio atau biaya operasional yang mereka terapkannya. 

Intinya adalah bagaimana kita memfilter aplikasi reksadana untuk pemula yang tersedia, lalu memilih yang paling baik layanannya, dan terakhir adalah memverifikasinya. 

Sumber :   

https://money.kompas.com/read/2021/12/25/130721226/pengertian-reksadana-jenis-cara-kerja-keuntungan-dan-risikonya?page=all

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

382 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin