Sesimpel Ini Menjadi Sehat Finansial Saat Pensiun

Siapa yang tidak ingin pensiun lebih cepat dan secara finansial dapat mencukupi segala kebutuhan kelak nantinya? Seperti yang kita ketahui pensiun merupakan hal yang semua orang impikan. Namun tentunya kamu perlu merencanakan persiapan menuju Sehat Finansial Saat Pensiun, sehingga anak dan cucu tidak terbebani di masa depan. 

Namun sobat pernah tidak memikirkan persiapan apa saja sih sebenarnya yang kamu perlukan untuk masa pensiun nanti? Gaya hidup dan aktivitas pun sudah tidak sama saat kita bekerja, namun pengeluaran juga akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Oleh karena itu mari kita bahas bersama persiapan yang kamu perlukan untuk masa pensiun!

Hitung Kebutuhan Yang Kamu Inginkan Supaya Sehat Finansial Saat Pensiun

Mencari tahu dan menghitung kebutuhan untuk masa pensiun merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Karena dari kebutuhan ini lah yang akan menentukan jumlah pengeluaran tiap bulan dan tiap tahun nantinya. Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai berapa banyak dana yang kamu butuhkan untuk kebutuhan pokok seperti :

  • Biaya makan
  • Transportasi
  • Tagihan listrik dan Air
  • Tanggungan Keluarga
  • Pajak yang harus kamu bayarkan (PBB, Pajak Kendaraan, dan Pajak lainnya)

Selain itu, sobat juga perlu menghitung pengeluaran yang bersifat konsumtif nantinya seperti :

  • Biaya Liburan Tahunan
  • Biaya Self Reward
  • Biaya Renovasi Rumah
  • Biaya Gaya Hidup 

Dengan sobat menentukan dan menghitung semua pengeluaran nantinya, maka sobat akan tau berapa dana yang perlu kamu siapkan dan umur berapa untuk siap sehat finansial saat pensiun.

Tentukan Kapan Ingin Pensiun dan Jumlah Dana Untuk Pensiun

Saat ini pensiun di usia muda merupakan hal yang wajar, namun pastinya kamu butuhkan usaha yang lebih karena harus mempersiapkan dana pensiun yang kamu butuhkan dan strategi keuangan khusus untuk itu.

Kita contohkan langsung saja ya!

Misalkan si Budi ingin pensiun saat ini berusia 30 tahun dan ingin pensiun di umur 50 tahun. Berarti budi memiliki waktu 20 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun. Misalkan juga Budi saat ini memiliki gaji sekitar Rp 12 juta per tahun, sehingga budi mengalokasikan untuk menabung sebesar Rp 3 juta per bulan. Maka dalam 20 tahun Budi memiliki Rp 720 juta untuk dana pensiun nantinya.

Tetapi perlu kamu ingat juga, dengan menabung uang sobat tidak akan bertambah. Jadi sebaiknya sobat juga investasikanlah di beberapa instrumen investasi. Kita ibaratkan per tahun Budi berinvestasi di instrumen yang memberikan imbal hasil 15% per tahun, maka dalam 20 tahun dana pensiun yang Budi miliki adalah sebesar Rp 3.7 Miliar.

Luar biasa bukan? dengan konsistensi berinvestasi dengan dana 3 juta bisa memberikan hasil luar biasa dalam 20 tahun. Tetapi perlu diingat juga berinvestasilah pada instrumen investasi yang sudah legal dan diakui oleh OJK di Indonesia ya! Jangan tergiur dengan return tahunan yang tinggi karena biasanya sebanding dengan risiko yang diberikan!

Nah sekarang sobat sudah tau kan persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk pensiun nantinya, jika sobat ingin bertanya atau memberikan saran bisa langsung di kolom komentar yaa!

Jangan lupa like, comment, dan share agar artikel ini lebih bermanfaat untuk semuanya!

Sumber : 

5 Cara Menyiapkan Dana Pensiun Halaman all – Kompas.com

Kalkulator Bunga Majemuk – InvestBro

Dana Pensiun, Apa Gunanya, dan Gimana Cara Mengumpulkannya? | Manulife Indonesia

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

9 Comments

  1. Ping-balik: hfm ดีไหม
  2. Ping-balik: rich89bet
  3. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

  4. Ping-balik: Buy Moonrock online,
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin