Sesimpel Ini Punya Jutaan Dollar Ala Niklas Goeke

Apakah sebelumnya sobat sudah pernah membaca buku The Millionaire Next Door  dari Niklas Goeke? jika belum boleh nih disimak bersama!

Buku ini berfokus pada hal simpel seperti kebiasaan menabung dan pengeluaran yang mengakibatkan kamu memiliki uang lebih di bank dibandingkan orang lain serta membantu kamu untuk menghindari kesalahan fatal dalam jalan menuju kebebasan finansial.

Berikut merupakan 3 lesson penting untuk meningkatkan peluang memiliki uang jutaan dollar di bank ala buku Niklas Goeke “The Millionaire Next Door”

Lesson 1 Punya Jutaan Dollar di Bank

Save Responsibly From The Moment You First Start Earning More Than You Need to Live

Niklas Goeke “The Millionaire Next Door”

Banyak orang berpikir bahwa untuk menjadi milyuner maka kamu memerlukan pendapatan setidaknya 1 miliar/tahun, akan tetapi tidak akan semudah itu. Semakin besar pendapatan juga berarti semakin besar pajak yang kamu berikan dan pengeluaran untuk biaya hidup. Namun kamu tidak perlu memiliki pendapatan 1 milyar per tahun untuk menjadi milyuner loh!

Aturan: Ketika mendapatkan gaji bulanan/pendapatan bulanan, simpanlah sebanyak yang kamu bisa dan jauhkan dari pengeluaran yang bersifat konsumtif dan tidak kamu perlukan

Manajemen keuangan yang baik dan menjalani frugal living merupakan salah satu jalan untuk membangun kekayaan kamu terutama ketika masih muda.

Lesson 2 Refleksikan Pendapatanmu Sekarang

Use this simple formula to calculate if you’re falling short of your financial potential

Niklas Goeke “The Millionaire Next Door”

Tau ga sobat, ternyata ada formula untuk menghitung kekayaan yang harus kamu miliki oleh kamu loh! cek formula berikut ini

[Kalikan umur kamu dengan pendapatan tahunan dan bagi dengan angka 10]

Hasil ini merefleksikan seberapa banyak kekayaan yang harus kamu miliki saat ini seiring dengan pendapatan kamu. 

Misalkan : jika kamu memperoleh pendapatan sebesar 5 juta pada umur 30, maka kekayaan yang harus kamu miliki adalah sebesar 15 juta.

Cobalah untuk mencapai target tersebut dan lampauilah dengan menabung, berinvestasi, dan manajemen keuangan yang baik untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran yang bersifat konsumtif.

Lesson 3 Dampah Memanjakan Anak

Avoid economic outpatient care to reach your goal

Niklas Goeke “The Millionaire Next Door”

Apakah kamu tau alasan kenapa banyak anak yang memiliki orang tua kaya tidak dapat mengatur keuangan dan khawatir mengenai pengeluaran mereka?

Hal ini berkaitan dengan Economic Outpatient Care (EOC), banyak orang tua bermaksud untuk menghidupi anak-anak mereka dengan uang yang sudah mereka sisihkan sejak awal. Tetapi, kenyataannya hal ini merusak kemampuan anak-anak untuk memanajemen uang sendiri. 

Hampir setengah dari keluarga kaya di Amerika memberikan anak dan cucu hampir melebihi $15K/tahun atau setara 216 juta. Hal ini menuntun gaya hidup mereka meskipun kadang secara finansial anak-anak tersebut tidak sanggup mengikuti gaya hidup tersebut.

Permasalahan dengan EOC biasa adalah bahwa akhirnya hanya memudar ke dalam pendapatan tahunan Anda, membuat kamu percaya bahwa kamu mendapatkan lebih dari yang kamu lakukan, dan bahkan menghitung dengan uang itu di muka.

Lalu bagaimana solusinya?

  • Jika kamu memiliki orang tua yang kaya, maka jangan menghambur-hamburkan uang tersebut. Setidaknya investasikan lah secara bijak! 
  • Jika kamu adalah orang tua yang kaya, jangan memanjakan anak kamu. Memanjakan anak kamu hanya akan membuat dia masuk ke dalam gaya hidup yang tidak mampu kamu atur secara finansial.

Nah sekarang sobat sudah tau kan informasi-informasi penting yang ada di buku ini! jangan lupa like, comment, dan share agar semakin bermanfaat!

Sumber: https://fourminutebooks.com/the-millionaire-next-door-summary/

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

12 Comments

  1. Sou Ph.D. em ciências financeiras e atualmente estou estudando criptomoedas e seu artigo me deu uma boa ideia. Acho que sua forma de escrever é muito útil para minha tese criptomoedas, obrigado. No entanto, tenho algumas dúvidas e gostaria de saber se você pode me ajudar. Obrigado.

  2. Ping-balik: read more
  3. Ping-balik: naga356
  4. Ping-balik: เติม psn
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin