Sesimpel Ini Sehat Keuangan ala Chelsea Fagan

Musim-musim liburan begini biasanya selain menghabiskan waktu tentunya biasa kamu isi juga dengan sekadar berbelanja dan membeli hal hal yang kita inginkan, bukan? Nah, pasti kepikiran dong gimana caranya mengatur keuangan biar tetap stabil. Di sini kita bakal ulas salah satu Key Idea dari buku The Financial Diet : A Total Beginner’s Guide to Getting Good With Money dari Chelsea Fagan untuk sehat keuangan. Yuk, kita mulai 

Jangan coba-coba untuk melakukan sistem kredit jika kamu tidak bisa membayar gantinya dalam waktu yang singkat

Seringkali kalo dalam bertransaksi pilihan “kredit” yang menawarkan sejumlah biaya untuk bisa kita bayarkan walau diri kita sedang tidak memiliki sejumlah itu pada waktu itu. Hal ini tentunya membuat kita berpikir “Oh, kalau tidak ada uang di saku atau di rekening, tinggal kredit aja nih!”. Nah, pemikiran seperti ini yang membuat banyak orang yang akhirnya memiliki “utang” menumpuk karena kredit nya. Akibatnya, pemasukan yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan hingga disimpan untuk keperluan lebih penting menjadi habis untuk membayar “hutang” kredit yang sudah kita pakai sebelumnya. Jadi, tetap ingat buat memperkirakan mampu bayar segera atau tidak ya.

Jangan coba coba untuk melakukan “CEO Lifestyle”

CEO Lifestyle itu adalah kebiasaan untuk hidup mengikuti gaya hidup yang kita mau. Misalnya seseorang baru saja dipromosikan sebagai kepala bagian, lantas biasanya orang tersebut akan sibuk mengganti gaya dan fashion dirinya agar “sesuai” padahal sebenarnya hal ini tidak dibutuhkan oleh dirinya. Akibatnya adalah pengeluaran yang besar padahal tidak untuk kebutuhan dan belum tentu sesuai budget yang kita miliki saat itu.

Jangan coba coba untuk pergi atau beraktivitas tanpa mengecek dahulu rekening atau saldo kamu

“Sedia payung sebelum hujan!” demikian pepatah lama berkata. Nah, sama hal nya dengan itu di sini kita ingetin juga untuk selalu “cek” saldo dan keuangan anda sebelum beraktivitas, pergi, ataupun membeli sesuatu. Hal ini untuk membiasakan kita melihat pada ketersediaan anggaran kita baik itu berapa yang bisa kita pakai, berapa yang harus kita sisihkan, dll. Hal ini membantu kita untuk membuat pengeluaran benar dalam arah kebutuhan dan kapasitas kita.

Jangan coba coba berpikir kalau menabung sejak dini itu tidak penting

Menabung adalah kegiatan yang baik dan bahkan sudah sedari dini ajarkan bagi kita. Tapi, kebanyakan orang masih berpikir kalau menabung itu bukanlah sesuatu yang urgent. Kebanyakan orang pasti berkata “Toh, di masa depan aku masih punya uang untuk itu” atau “Menabung dari sekarang malah mengurangi dana untuk aku pakai”. Nah, anggapan ini seringkali menghambat diri kita untuk menabung dan alhasil membuat keuangan kita sangat dinamis dan rentan untuk terganggu saat pengeluaran lebih besar dari pengeluaran.

Nah, demikian guys Key Idea biar keuangan kamu sehat dari Financial Diet oleh Chelsea Fagan. Setuju kan OneBestie?

Sumber : 

https://lifeclub.org/books/the-financial-diet-chelsea-fagan-and-lauren-ver-hage-review-summary

https://thefinancialdiet.com/author/chelsea-fagan/

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

485 Comments

  1. Pretty section of content. I simply stumbled upon your site and in accession capital to assert that I
    get in fact loved account your weblog posts. Anyway I’ll be subscribing to“강남풀싸롱”your feeds or even I achievement you get entry to constantly rapidly.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin