Tips Mudah Mulai Reksadana

Ilustrasi reksadana | Sumber: IDX Channel

Tahun 2022 sudah memasuki akhir bulan Juni, bagaimana realisasi keuangan sobat mengenai investasi? Jika sobat belum mulai investasi, tenang saja karena berinvestasi bisa dimulai kapan saja dan bisa dilakukan secepatnya. Namun tentunya harus dibarengi dengan pengetahuan mengenai instrumen investasi yang sobat investasikan. Berinvestasi di reksadana bisa menjadi salah satu opsi pilihan yang mudah bagi sobat yang belum pernah memulai atau bahkan sudah berinvestasi pada instrumen-instrumen investasi lainnya. 

Reksadana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi. Namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Oleh karena itu, reksadana semoga dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Bagi investor pemula tentunya akan kebingungan untuk belajar memulai berinvestasi di reksadana ini. Oleh karena itu, Yuk kita simak tips mudah mulai reksadana!

Tentukan Tujuan Berinvestasi

Sebelum berinvestasi di reksadana, pahamilah terlebih dahulu tujuan dari investasi yang ingin sobat tanamkan di reksadana? apakah bertujuan untuk jangka yang panjang atau malahan dana akan dipakai dalam waktu dekat untuk kebutuhan mendesak ini? Setelah menentukan tujuan dari investasi sobat, maka sobat akan lebih terencana sesuai dengan tujuan dari investasi di reksadana.

Ketahuilah Profil Risiko

Investasi selalu berkaitan dengan risiko, sobat juga harus paham mengenai profil risiko yang dapat kamu terima. Apakah sobat lebih bersifat konservatif, moderat, atau agresif dalam memilih profil risiko?

  • Tipe Konservatif

Investor dengan tipe konservatif memilih profil risiko yang rendah dan aman. Tipe investor ini umumnya lebih merasa nyaman dengan instrumen investasi yang keuntungan tidak terlalu besar tetapi lebih bergerak stabil.

  • Tipe Moderat

Investor dengan tipe moderat cenderung lebih menerima fluktuasi jangka pendek dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi dari inflasi dan deposito.

  • Tipe Agresif

Investor dengan tipe agresif cenderung siap untung dan siap rugi. Tipe ini merupakan tipe yang lebih agresif dan tidak takut jika kehilangan uang dana investasi agar mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Pilih Reksadana Sesuai Dengan Profil Risiko

Jika sobat sudah mengetahui profil risiko kamu, maka sobat dapat mempelajari berbagai reksadana sesuai dengan profil risiko. Contohnya adalah reksadana pasar uang yang isi portofolionya adalah deposito dan instrumen pasar uang. Reksadana jenis ini merupakan pilihan investasi dengan risiko rendah dengan jangka waktu dibawah 1 tahun. Ketika sobat sudah mulai berpengalaman dan mempelajari lebih dalam mengenai jenis reksadana lainnya, sobat bisa sesuaikan kembali sesuai dengan profil risiko yang sobat inginkan.

Pelajari Terus Untuk Mulai Reksadana

Sebelum berinvestasi dalam produk reksadana yang manajer investasi kelola, sobat juga bisa baca prospektus dan fund fact sheet (laporan bulanan) reksadana sebelum membeli loh! dengan mempelajari lebih dalam akan memberikan sobat pengetahuan lebih mengenai reksadana yang akan sobat investasikan. Selain itu, dengan melihat kinerja di masa lalu dari manajer investasi juga dapat memberikan gambaran tentang cara manajer investasi mengelola dana kedepannya.

Rutin Berinvestasi Untuk Mulai Reksadana

Setelah mengikuti 4 tips tersebut, jangan lupa untuk selalu mengalokasikan pendapatan sobat untuk investasi setiap bulannya. Untuk awalnya tidak perlu dengan dana yang besar, namun dengan dana yang bisa kamu tolreansi risikonya serta konsisten kamu lakukan setiap bulan. Dengan kekonsistenan tersebut, sobat akan terbiasa dan terkumpul uang secara perlahan dengan kondisi finansial yang lebih sehat.

Sekarang sobat sudah tau kan tips mudah memulai reksadana sebagai instrumen investasi sobat! Jika sobat mempunyai pengalaman lebih sobat juga bisa sharing di kolom comment loh! 

Sumber : 

https://www.idx.co.id/produk/reksa-dana/

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

33 Comments

  1. I am an investor of gate io, I have consulted a lot of information, I hope to upgrade my investment strategy with a new model. Your article creation ideas have given me a lot of inspiration, but I still have some doubts. I wonder if you can help me? Thanks.

  2. Your article made me suddenly realize that I am writing a thesis on gate.io. After reading your article, I have a different way of thinking, thank you. However, I still have some doubts, can you help me? Thanks.

  3. Ping-balik: Seoul Pod
  4. Ping-balik: bdswiss
  5. Ping-balik: Arcade Game
  6. Ping-balik: bonanza178
  7. Ping-balik: 웹툰 사이트
  8. Ping-balik: pgslot
  9. Ping-balik: Buy Guns Online
  10. Ping-balik: aksara178
  11. Ping-balik: lsm99.review
  12. Ping-balik: exotic zaza strain
  13. Ping-balik: super kaya 88 login
  14. Ping-balik: he said
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin