Yuk Kenali Jenis – Jenis Reksadana!

Jenis Reksadana | Sumber: Kompasiana.com

Pada post sebelumnya sudah kita bahas mengenai reksadana dan cara memulai berinvestasi di instrumen investasi tersebut untuk pemula. Kalau belum baca, nih bisa klik link: https://davidwijaya.com/2022/06/23/tips-memulai-reksadana/. Nah sebenarnya terdapat beberapa jenis investasi reksa dana loh. Yuk kita simak berikut ini reksa dana yang wajib kita ketahui:

Jenis Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Sobat, jenis reksadana ini memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun. Instrumen investasi yang dalam reksadana ini berupa deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU). Tahukah kamu, reksadana ini memiliki profil risiko yang rendah daripada jenis reksadana lainnya.

Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Jenis reksadana pendapatan tetap memiliki risiko yang lebih tinggi daripada reksadana pasar uang. Namun cukup populer di kalangan investor konsep investasi aktivanya dalam bentuk efek hutang atau obligasi dengan persentase minimal 80% sehingga menghasilkan tingkat return yang lebih stabil.

Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksadana campuran merupakan gabungan dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Keuntungan dari reksadana campuran ini adalah tingkat pengembalian modalnya yang memiliki persentase tinggi. Selain itu, reksadana campuran ini juga menghadirkan risiko yang tinggi untuk investasi ini.

Reksadana Saham (Equity Fund)

Reksadana saham merupakan aktivitas investasi yang menginvestasikan dana minimal 80% ke dalam saham. Dari ke-3 reksadana di atas, reksadana ini memiliki profil risiko yang paling tinggi karena bertujuan untuk menjaga pertumbuhan harga saham dalam jangka panjang dan sekaligus menghasilkan tingkat pengembalian yang paling tinggi.

Investasi dalam berbagai jenis reksadana dengan profil risiko yang disesuaikan dengan sobat sendiri bisa menjadi opsi yang menjanjikan lohh untuk memperkuat kondisi finansial sobat. Jadi reksadana mana yang sobat pilih? Jangan lupa comment, like, dan share dibawah ini yaa!

Sumber:

https://www.idx.co.id/produk/reksa-dana/

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/jenis-jenis-reksadana

Penulis:

Kategori: Lain-Lain

Join the Conversation

8 Comments

  1. Ping-balik: QQKeno
  2. Ping-balik: Ks Quik 800
  3. Ping-balik: Fun Cup 2024
  4. Ping-balik: his explanation
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin