Sesimpel Ini 6 Tips Liburan Hemat

Liburan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang karena dapat membuat pikiran lebih segar akibat rutinitas yang membosankan. Mungkin untuk istilah saat ini sering disebut HEALING. Namun, banyak orang baru menyadari dompetnya terkuras habis sesaat setelah healing/liburan. Nah untuk membuat dompet kamu tetap aman selama liburan, yuk simak artikel mengenai 6 tips liburan hemat tanpa menguras dompet!

Alokasikan Budget Liburan

Perencanaan keuangan ketika ingin berlibur adalah hal penting yang harus di persiapkan secara matang-matang. Budget tersebut harus berisi mulai dari tujuan liburan, pemilihan hotel, transportasi, biaya makan, tiket, tour guide, berapa lama liburan, dan lainnya. Jika sobat tidak merencanakan dengan matang, maka kamu bisa kehabisan uang ataupun tabungan ketika di tengah liburan. Alhasil liburan kamu harus berhenti di tengah rencana liburan.

Menabung untuk Liburan

Setelah kamu sudah mengetahui jumlah budget yang di butuhkan untuk liburan nantinya, maka kamu bisa memulai dengan menabung/mengalokasikan pendapatan kamu untuk tabungan liburan. Semakin lama menabung, maka sobat juga bisa mengumpulkan uang yang lebih banyak pula. Tetapi, OneBestie harus ingat bahwa konsisten dan disiplin dalam menabung merupakan kunci utamanya. Biar ga menabung tapi tabungannya bocor terus hehehe.

Manfaatkan Promo

Di era saat ini, promosi merupakan sebagian dari marketing dari perusahaan-perusahaan penyedia jasa/barang. Maka dari itu, jika kamu sering mengecek promo-promo mulai dari tiket pesawat, hotel, dan lainnya. Bisa banget menghemat jumlah uang yang harus di keluarkan saat liburan nantinya.

Berlibur tanpa Memakai Tour Guide

Jika OneBestie ingin berlibur dengan hemat, maka jangan memakai jasa tour guide. Saat ini kita sudah sangat di mudahkan dengan internet, kamu hanya perlu mengeluarkan usaha lebih untuk mencari tempat wisata yang menarik di destinasi/tujuan liburan kamu. 

Liburan pada Tanggal Low Season

Pemilihan tanggal juga merupakan hal krusial dalam berlibur, ketika kamu liburan pada High Season sudah sangat di pastikan harga akomodasi, transportasi, dll bisa naik 2x lipat dan budget yang harus di keluarkan jauh lebih besar di bandingkan jika kamu liburan pada low season. Jadi pilihlah tanggal di mana orang-orang tidak ikutan berlibur yaa.

Pilih Penginapan yang Terjangkau

Salah satu yang memberatkan budget adalah penginapan, jika sobat lebih sering berpergian ke tempat wisata. Pilihlah hostel atau hotel dengan budget yang murah bisa seperti hotel capsule, dll. Hotel capsule bisa di jadikan tempat tidur dan mandi saja, sisa waktunya bisa kamu habiskan di luar ruangan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Sudah cukup banyak hotel capsule yang menawarkan fasilitas yang lengkap dan bersih dengan harga terjangkau. Jadi, kamu tak perlu bingung lagi mencari tempat penginapan murah.

Nah sekarang kamu sudah tau kan 6 tips liburan hemat tanpa menguras dompet, Selain tips di atas, kamu juga sebaiknya memilih toko oleh-oleh di pasar saja, jangan di toko. Biasanya beli oleh-oleh di pasar bisa ditawar apalagi jika kamu membeli banyak barang.

Jangan lupa Give Applause, Komentar kalau masih ada yang bingung, dan Share ke teman terdekatmu. Follow juga IG @davidwijaya23 untuk informasi seputar keuangan, kesehatan, dan buku yaaa!

Sumber:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10412

Penulis:

Kategori: Keuangan

Join the Conversation

20 Comments

  1. Ping-balik: KS Quik
  2. Ping-balik: Seoul Pod Infinity
  3. Ping-balik: superkaya88
  4. Ping-balik: ???????????????
  5. Ping-balik: pgslot
  6. Ping-balik: daftar togel via dana
  7. Ping-balik: เกมไพ่
  8. Ping-balik: No Code Testing Tool
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin