Sesimpel Ini Disiplin Diri ala Brian Tracy

Tahukah kamu apa yang dibutuhkan untuk mengatasi rintangan dan meraih kesuksesan? Kamu butuh disiplin diri, nih. Disiplin diri adalah kemampuan untuk melakukan apa yang harus dilakukan, kapan harus melakukannya terlepas dari apakah kamu menyukainya atau tidak, dan bentuk penguasaan/ pengendalian diri. Disiplin diri penting untuk kamu miliki agar bisa melawan kemalasan dan penundaan. Semakin kamu melatih disiplin diri, semakin kamu bisa menyukai dan menghargai diri sendiri. Yuk simak pembahasan buku “No Excuses” oleh Brian Tracy untuk lebih memahami disiplin diri!

Simak Pelajaran Penting dari buku “No Excuses” Berikut!

Terus tingkatkan diri dan rencanakan tindakan dengan Metode Tujuh Langkah.

Aktualisasi diri menyiratkan keterampilan dan pengetahuan. Tracy menyarankan untuk mengalokasikan 3% dari pendapatan dan sedikit waktu setiap hari untuk meningkatkan diri dan belajar menjadi unggul dalam bidang yang kita sukai. Serta, coba belajar banyak dari orang-orang yang sukses di bidang yang kamu sukai dan perhatikan bagaimana orang tersebut berpakaian, berbicara, dan lainnya untuk membantu meningkatkan diri.

Kamu juga bisa memanfaatkan metode Tujuh Langkah berikut:

1.Putuskan dengan tepat apa yang kamu inginkan (coba identifikasi tujuan secara spesifik dan realistis)

2. Tuliskan tujuan spesifik.

3. Tetapkan tenggat waktu yang realistis untuk mencapai tujuan. Jika melihat tujuan jangka panjang, jangan takut untuk memecahnya menjadi sub tugas dengan menetapkan tenggat waktu pada masing-masing sub tugas. 

4. Tuliskan daftar semua yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mencakup segala hal mulai dari hambatan yang mungkin dihadapi hingga alat yang diperlukan untuk berhasil.

5. Identifikasi tugas yang paling bermanfaat dan prioritaskan (selesaikan tugas prioritas tinggi terlebih dahulu).

6. Mulai tugas kamu segera. Kamu bisa memulai dari yang kecil, setidaknya kamu sudah memulai untuk bisa mencapai tujuanmu.

7. Lakukan sesuatu setiap hari yang membantumu mencapai tujuan.

5 bahan pemicu kebahagiaan sebagai buah dari disiplin diri.

Semakin kamu memahami bahwa sebagian besar apa yang terjadi merupakan konsekuensi dari tindakanmu, semakin bahagia kamu. Tracy menunjukkan lima bahan yang memicu kebahagiaan yaitu Kesehatan; Hubungan yang bahagia; Pekerjaan yang bermakna; Kemandirian finansial; dan Aktualisasi diri. Mulai lakukan sesuatu untuk bisa mencapai 5 bahan tadi dan jangan menunda-nunda ketika ingin melakukan sesuatu supaya tidak hanya jadi wacana saja ya, OneBestie!

Atasi ketakutan dengan membuat Laporan Bencana.

Kurangnya disiplin diri bukanlah satu-satunya hal yang dapat mencegah kamu mengenali diri sendiri dan berkembang, terkadang ketakutan juga menghambatmu, loh. Oleh karena itu, Tracy menawarkan teknik untuk mengatasi rasa takut yang disebut The Disaster Report. Berikut adalah 4 langkah sederhana untuk menggunakan teknik “The Disaster Report”:

1. Jelaskan ketakutan dengan jelas.

Apa sebenarnya yang kamu takutkan? Apa yang kamu pikir akan terjadi? Coba jelaskan parameter ketakutanmu secara spesifik.

2. Identifikasi skenario terburuk.

Luangkan beberapa saat untuk memikirkan hal terburuk yang mungkin terjadi jika ketakutan menjadi kenyataan dan hadapi kemungkinan terburuk itu. Saat melakukannya, kamu mungkin menemukan bahwa ketakutanmu agak tidak rasional, atau bahkan tidak akan terlalu buruk jika yang terburuk benar-benar terjadi, dan lainnya.

3. Brainstorm solusi untuk skenario terburuk.

Setelah mengetahui kemungkinan skenario terburuk, buatlah beberapa solusi kreatif terkait apa yang akan kamu lakukan jika itu terjadi. Sebagai contoh, katakanlah kamu takut berinvestasi karena khawatir akan kehilangan semua uang investasimu. Jika skenario terburuknya adalah kehilangan uang dalam prosesnya, salah satu solusinya adalah menemukan cara untuk dapat meminimalkan risiko dan menginvestasikan lebih sedikit pendapatan sehingga kamu bisa memiliki dana cadangan. Apa pun skenario terburuknya, kamu pasti dapat selalu menemukan solusi yang akan membantu meminimalkan rasa takut. 

4. Ambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti agar skenario terburuk tidak terjadi.

Langkah yang dapat kita ambil untuk mencegahnya terjadinya skenario terburuk adalah menanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kita lakukan saat ini untuk membuat masa depan yang lebih aman. Cara ini mengingatkan diri kita bahwa ketakutan tidak mengendalikan kita , tetapi kita yang mengendalikannya.

Nah, kalau kamu sendiri mager dan beralasan terus, siapa dong yang bakal mewujudkan goals kamu? 

Goals kamu tidak akan tercapai kalau kamu sendiri tidak berusaha, ya kan. Jadi, daripada beralasan mulu, coba terapkan disiplin diri supaya kamu bisa mewujudkan goals yang kamu inginkan ya. 

Sumber:

https://fourminutebooks.com/no-excuses-summary/

Penulis:

Kategori: Keuangan

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin