Sesimpel Ini Mengetahui Blackrock, Perusahaan Penguasa Dunia?

Lu yang ada di Indonesia mungkin baru denger ada perusahaan yang namanya BlackRock …

Perusahaan apa itu? Produknya apa? Kok bisa perusahaan “Bebatuan hitam” menguasai dunia?

FYI aja, BlackRock punya aset manajemen sebesar $9,5 Triliun*. Artinya, BlackRock menguasai 1/10 total GDP Dunia yang ada di angka $93,5 Triliun**!

*Data dari Assets Under Management, Q3 2021

**Data dari Global GDP, April 2021

Saham Blackrock

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=55NTUi7DKVs 

Quotes Kissinger diatas menggambarkan bagaimana bisa BlackRock menguasai dunia. Bersama top 2 perusahaan manajer investasi lainnya yaitu Vanguard, dan StateStreet, BlackRock punya voting power untuk “mengarahkan dunia”

Jangan kaget! BlackRock punya saham setidaknya 5% di setiap perusahaan S&P 500. Perusahaan S&P 500 diantaranya Apple Inc, Microsoft Corp, Tesla Inc, dst. Bahkan BlackRock selalu menjadi top 5 shareholder/top 5 pemegang saham tertinggi di perusahaan S&P 500.

Apa itu Perusahaan Blackrock?

BlackRock, Inc. adalah perusahaan investasi multinasional Amerika yang berbasis di New York City. Didirikan pada tahun 1988, awalnya sebagai pengelola aset manajemen risiko dan pendapatan tetap, dan BlackRock adalah pengelola aset terbesar di dunia, dengan aset kelolaan senilai US$10 triliun per Januari 2022.

Produk Utama Blackrock

Ada 2 produk utama dari perusahaan BlackRock yaitu ETF dan Alladin. 

Exchange-Traded Fund (ETF) pada dasarnya adalah reksa dana, tapi produk ini diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di bursa efek. ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli. ETF sendiri ternyata hanya dikuasai BlackRock, Vanguard, dan StateStreet saja. Ya, top 3 perusahaan manajemen investasi!

Sedangkan Alladin adalah software manajemen portofolio yang membantu profesional investasi melihat dan mengelola investasi harian. Hal yang belum hype pada zaman kemunculannya 

CEO Blackrock

Setelah tau kekuatan dan profil perusahaan BlackRock, lu penasaran nggak si siapa CEOnya?

Jadi CEO dari BlackRock itu adalah Larry Fink, sang penguasa dunia keuangan (julukan dari petinggi Wall Street). 

Tahun 1983, Fink muda bekerja sebagai Bond Trader di First Boston. Karena hebat dan berskill, akhirnya beliau jadi manajer termuda dan jadi trader terprofitable sampai 1986. 

Cerita dari Larry Fink

Namun 1 tahun sebelum tragedi Black Monday 1987, Fink kehilangan 100 juta dollar. Hilang uang = hilang reputasi dan akhirnya Fink kesulitan mencari uang dan meninggalkan First Boston di tahun 1988

Benih-benih BlackRock muncul adalah ketika Fink bertemu Stephen Allen Schwarzman, CEO Blackstone. Karena percaya dengan Fink, Schwarzman menginvestasikan sebesar 5 juta dollar kepadanya. Singkat cerita terbentuklah BlackRock hingga mampu mengakuisisi perusahaan pesaingnya yaitu Merrill Lynch pada tahun 2006 dan Barclays pada tahun 2009. 

Pemilik Blackrock

Sumber: https://money.cnn.com/quote/shareholders/shareholders.html?symb=BLK&subView=institutional 

Blackrock memang memiliki banyak privilage dan power yang memungkinkan untuk menguasai dunia, apakah lu tau siapa pemilik dari BlackRock itu sendiri?

BlackRock dimiliki oleh banyak investor namun jangan kaget, ternyata stockholder peringkat pertama BlackRock adalah Vanguard.

Pengelola Aset Raksasa di Dunia

Kalau kita selidiki, ternyata bukan hanya BlackRock saja yang menjadi pemain tunggal investasi perusahaan di dunia! Tapi sekelompok kecil saja…

Hanya ada 7 group perusahaan yang mampu mengelola aset raksasa di dunia yaitu: BlackRock, Fidelity Investment, JP Morgan, Bank of New York, State of street, UBS, Vanguard Group. 

Bahkan keseluruhan aset asset mereka itu sama dengan 2/3 PDB dunia! Mereka mengontrol dunia lewat perusahaan-perusahaan besar yang bermain di industri besar dunia

Akhir Kata

Gue jadi teringat interview Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada acara Rosi…

Jika di Indonesia, 1% orang kaya menguasai 50% perekonomian Indonesia

Namun ternyata 1% orang kaya di dunia menguasai 90% aset di dunia

Bagaimana tanggapanmu? Tulis di kolom komentar!

Penulis:

Kategori: Bisnis

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin