Sesimpel Ini Paham 3 Kebiasaan Baik yang Buruk

Tahukah kamu, Kadang hal yang kita pandang baik bisa jadi berbuah hal buruk. Inilah Kebiasaan Baik yang Buruk

1. Berusaha Menyenangkan Semua Orang

Hal yang perlu kita sadar adalah bahwa kita punya pilihan. Ketika ada orang yang mau pinjam uang ke kita, kita bisa menolak dan tidak selamanya harus di turuti. Membelikan barang mewah atau makan mewah sampai kita berhutang demi konten di sosmed itu malah akan menyiksa diri di masa mendatang.

Kita punya prioritas dan prinsip yang seharusnya bisa kita pegang, khususnya soal uang. Sadarilah bahwa kita ini ga bisa menjadi segalanya untuk semua orang.

2. Beli Apapun Yang Kita Mau

Katanya karena You Only Live Once, lakukan hidup ini sesukanya. Menikmati hidup tidak harus melakukan hidup ini sesukanya.

Mata kadang bisa laper karena lihat barang mewah, tapi apakah barang ini yang benar benar di pakai nantinya?

Di sini ada 4 kuadran,  prioritaskan untuk menggunakan uang kalian di kuadran 1, yaitu kebutuhan yang penting dan mendesak. Jangan sampai budget pas pasan malah rutin membeli kebutuhan tidak penting dan bahkan tidak mendesak.

Cara Mengatur Waktu Belajar

Prioritaskan mengalokasikan dana untuk masuk di kuadran 1 dan 2 terlebih dahulu, kemudian bisa masuk ke kebutuhan kuadran 3 dan 4.

  • Pertama, Kebutuhan penting dan mendesak contohnya kebutuhan pokok, BPJS, pakaian, tempat tingga, bayar iuran, bayar kebutuhan rumah tangga, dan lainnya.
  • Kedua, Kebutuhan tidak penting tapi mendesak contohnya , laptop atau HP untuk bekerja, melunasi hutang konsumtif, dan lainnya.
  • Ketiga, Kebutuhan penting tapi tidak mendesak contohnya dana darurat, investasi, asuransi swasta, dan lainnya.
  • Terakhir, Kebutuhan tidak penting dan tidak mendesak contohnya mobil sport dan beragam barang mewah lainnya yang tidak tergolong aset investasi.

3. Punya Banyak Anak agar Semakin Banyak Uang

Di jaman dulu karena masyarakat di dominasi bertani, berkebun, & beternak, mungkin benar bahwa semakin banyak anak maka akan membantu kita untuk mengelola hasil bumi.

Tapi kalau sekarang, biaya pendidikan semakin mahal (tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan).

Sehingga perlu di pertimbangkan dengan matang ya (padahal gw sendiri belum punya anak ☺ )

Ingat ya, anak itu bukan merupakan instrument investasi ..

Punya pacar kaya juga bukan haha.

Kira – kira hal apalagi yang kita pikir merupakan hal atau kebiasaan yang bak tapi ternyata malah sesuatu yang bisa jadi buruk?

Berikut sumbernya: https://wirahadie.com/cara-mengatur-waktu-belajar-sistem-4-kuadran/

Penulis:

Kategori: Keuangan

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin