Sesimpel Ini Paham Pajak

Nah, Pajak sederhana nya adalah pungutan yang wajib dari rakyat kepada negara. Adapun fungsinya di gunakan untuk memenuhi pengeluaran belanja negara sehingga pemungutan pajak dapat menstabilkan perekonomian sehingga mendukung kesejahteraan rakyat. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis-jenis  pajak yang di bebankan kepada perorangan maupun perusahaan. Yuk kita cari tahu agar paham pajak.

Secara umum, hubungan antara pajak dengan kesenjangan pendapatan merupakan hubungan langsung melalui Trickle down effect yaitu melalui program perpajakan dan subsidi. Dengan pajak pemerintah memperoleh pendapatan untuk membiayai kegiatan pemerintah dan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat. Sehingga, kenaikan pajak yang tinggi dapat melemahkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan. Jika pendapatan berkurang, maka dampaknya daya beli masyarakat menjadi berkurang sehingga menurunkan pertumbuhan ekonomi.

Namun, bagaimana pengaruhnya terhadap investasi?

Pajak telah menjadi salah satu pertimbangan bagi para investor dalam memutuskan untuk investasi. Hal ini di perkuat dengan adanya kebijakan pemerintah melalui tax allowance dan tax holiday dengan maksud pemerintah agar investasi asing dapat masuk dan menguntungkan negara. Berikut ini dampak besar dari kebijakan pajak terhadap investasi,

  1. Pajak dapat menentukan keputusan pertama untuk berinvestasi di luar negeri. Apabila besar pajak penghasilan badan di negara investor jauh lebih tinggi, maka perusahaan tersebut akan tergerak untuk berinvestasi di luar negeri karena besarnya pajak lebih rendah.
  2. Pajak dapat mempengaruhi proporsi alokasi instrumen investasi. Semakin besar pajak yang di wajibkan terhadap suatu instrumen investasi, kemungkinan investor berinvestasi juga akan semakin kecil. 
  3. Pajak juga di beberapa jenis investasi memiliki pengaruh yang cukup tinggi. Salah satu contohnya adalah investasi yang berorientasi ekspor karena jenis investasi ini sensitif terhadap perubahan faktor biaya dan juga pajak, sehingga menentukan apakah melanjutkan investasi atau tidak jika ada perubahan kebijakan dalam pembayaran pajak.

Nah, pajak jadi sangat memberikan dampak yang sangat besar dalam lingkungan investasi, khususnya para investor. Jadi, Kamu sudah paham pajak?

Jangan lupa Give Applause, Komentar kalau masih ada yang bingung, dan Share ke teman terdekatmu. Follow juga IG @davidwijaya23 untuk informasi seputar keuangan, produktivitas, dan buku yaaa!

Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20191101144652-8-112009/mendorong-investasi-jadi-salah-satu-pr-dirjen-pajak

Penulis:

Kategori: Keuangan

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin