Sesimpel Ini Strategi Agar Utang Cepat Lunas

Berutang merupakan salah satu hal yang banyak di hindari oleh sebagian besar orang. Ketakutan akan tidak bisa melunasi atau utang yang terus menggunung menjadi salah satu dari sebagian besar alasan orang tidak mau berutang. Walapun ada juga strategi agar utang cepat lunas.

Namun, dalam beberapa keadaan tertentu berutang menjadi salah satu jalan keluar atas suatu masalah. Berutang juga tidak semuanya bersifat negatif asalkan uang dari utang tersebut di gunakan untuk kegiatan yang baik. 

Apakah saat ini ada sedang berutang dengan seseorang atau pihak tertentu seperti bank? Tahukah Anda, ternyata dalam ilmu keuangan ada 2 (dua) cara atau strategi yang bisa di gunakan untuk melunasi utang, terutama jika Anda memiliki utang yang lebih dari satu. Dua strategi tersebut adalah debt snowball dan debt stacking

Jika saat ini Anda sedang bingung tentang bagaimana cara melunasi utang-utang Anda, silahkan baca informasi ini sampai akhir. 

Baca Juga: Sesimpel Ini Menggolongkan Tujuan Keuangan

Sebelum masuk ke pembahasan, berikut ini terdapat studi kasus atas rincian utang-utang yang di miliki Pak Budi. 

Strategi Agar Utang Cepat Lunas Debt Snowball

Debt snowball merupakan salah satu strategi melunasi utang yang di pelopori oleh Dave Ramsey, salah satu perencana keuangan di Amerika Serikat. Untuk melunasi utang degan strategi ini caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu mengabaikan besaran bunga atas utang yang harus di bayarkan dan Anda hanya fokus pada membuat urutan sisa pokok utang dari jumlah terendah sampai tertinggi.

Debt snowball dapat di terapkan pada utang milik Pak Budi dengan mengurutkan utang KTA 1 pada urutan pertama, kemudian di lanjutkan pada utang kartu kredit, KTA 2, dan KPR di urutan kedua sampai terakhir (urutan 4). 

Strategi ini akan sangat menguntungkan bagi orang dengan tipe result oriented atau berorientasi pada hasil, di mana Anda bisa segera melunasi hutang satu per satu. Kelemahan strategi ini adalah pembayaran bunga atas utang yang lebih mahal. 

Debt Stacking

Strategi berikutnya adalah debt stacking atau di sebut juga debt avalanche method. Strategi ini di gunakan dengan cara membuat urutan bunga atas utang mulai dari yang tertinggi sampai dengan bunga terendah. Anda tidak perlu fokus pada sisa pokok dari setiap utang yang harus di bayarkan. 

Pada utang milik Pak Budi, strategi debt stacking bisa di gunakan. Caranya Pak Budi harus membuat urutan pembayaran utang berdasarkan bunga tinggi sampai rendah. Urutan fokus pembayaran utang yang harus di bayarkan Pak Budi terlebih dahulu adalah utang kartu kredit. Kemudian setelah lunas di lanjutkan dengan pembayaran utang KTA 2, KPR, dan terakhir KTA 1.

Kelebihan dari strategi ini adalah Anda dapat menghemat uang untuk membayar bunga. Namun, durasi melunasi utang butuh waktu yang cukup lama menjadi kelemahan dari strategi debt stacking

Strategi Apa yang Paling Bagus?

Setelah melihat dua strategi diatas, Anda mungkin akan merasa sedikit lebih tenang karena setidaknya Anda memiliki gambaran tentang strategi membayar utang. Lalu, pertanyaan selanjutnya, manakah strategi melunasi utang yang sangat cocok dengan diri Anda? Sebenarnya semua strategi baik debt snowball maupun debt stacking sama bagusnya, semua kembali lagi kepada diri Anda. Cara terbaik dalam membayar dan melunasi utang adalah dengan cara segera dibayarkan. Jangan membuang waktu terlalu lama hanya untuk berpikir utang apa yang harus dibuayarkan, dan lebih baik mulai membayar utang secepat mungkin. Karena semakin cepat membayar utang maka utang Anda akan semakin cepat juga pelunasan utang tersebut. 

Semoga bermanfaat mengetahui strategi agar utang cepat lunas!

Sumber:

https://www.bfi.co.id/id/blog/11-cara-melunasi-hutang-yang-baik-dan-benar

Penulis:

Kategori: Keuangan

Join the Conversation

7565 Comments