Sesimpel Ini 8 Step Terjun ke NFT

Kalian baru banget di bidang NFT? Pengen banget tau caranya gimana sih biar bisa cuan sebanyak-banyaknya dengan terjun ke NFT?! Nah, aku punya 8 tips yang bisa bantu kamu nih!! Yuk simak penjelasannya 😀

1. Pilihlah karya yang kamu inginkan 

First of all, tentunya kamu harus pilih dulu nih karya apa yang ingin kamu ubah menjadi NFT. Karya ini bisa berupa lukisan, gambar, music, video, meme, GIF, hingga cuitan di twitter loh! Nah, satu hal yang harus kamu perhatikan, NFT itu identik dengan satu pemilik. Jadi, kamu harus ubah dulu nih hal intelektual biar ngga kena pelanggaran. 

2. Pilihlah Blockchain yang kamu sukai

Nah, setelah kamu sudah menentukan karya apa yang kamu inginkan, saatnya kamu mengubah karya tersebut menjadi NFT dengan menggunakan blockchain. Blockchain sendiri adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan secara digital yang terhubung dengan kriptografi. Harus hati-hati nih dalam memilih blockchain, blockchain yang baik harus legal dan terdaftar di Bappebti. Blockchain yang paling terkenal di dunia NFT ini adalah Ethereum. Para seniman dan pencipta NFT paling sering menggunakan Ethereum!

3. Siapkan dompet digitalmu

Selanjutnya kamu tentu perlu dompet digital dong biar bisa menerima dan memberi mata uang digitalnya. Ada banyak sekali dompet digital, beberapa yang terkenal adalah Metamask, Math Wallet, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan AlphaWallet. Kamu bisa pilih deh dompet digital mana yang nyaman dengamu 😊Setelah itu kamu bisa membeli uang kripto yang ingin kamu gunakan dan menghubungkannya dengan dompet digital

4. Tentukan Pasar NFT yang menurutmu pas

Karena NFT ini menggunakan blockchain, nggak mungkin dong kita jual beli menggunakan marketplace yang biasa kita gunakan untuk beli kebutuhan sehari-hari ^^ NFT ini punya pasarnya sendiri! Platform yang paling terkenal ada OpenSea, Rarible, Foundation, Mintable, Axie Marketplace, NBA Top Shot, Larva Labs, dan masih banyak lagi. Oh ya, jangan lupa untuk riset dulu ya sebelum terjun ke NFT, kamu cocok dimana, karena setiap platform memiliki kriterianya tersendiri. Contohnya nih NBA Top Shot, cocok untuk NFT tentang permainan bola basket. Selain kecocokan dengan NFT, kamu juga harus sesuaikan dengan blockchain yang akan kamu gunakan. Karena beberapa pasar memiliki mata uang kriptonya sendiri. Contohnya Rarible menggunakan mata uang RARI.

5. Upload file kamu! 

Buat apa nentuin blockchain, pasar, dll kalau ngga di-upload ya kan? AHAHAHAHA. Ya, setelah semuanya siap, kamu tinggal upload deh file yang ingin kamu ubah menjadi NFT dan dijual. Formatnya bisa beragam looh OneBestie, bisa PNG, GIF, MP3, dll. 

6. Mengatur proses penjualan yang baik

Karena ini kegiatan jual-beli yang notabenenya bisa kita bilang bisnis ya. Kita harus atur juga nih penjualan yang baik tuh bagaimana. Nah, di sini kamu bisa keluarkan skill-skill bisnis kamu untuk mengembangkan bisnis NFT kamu ini. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan, contohnya: jual dengan harga tetap, di lelang dengan waktu terbatas, di lelang tanpa batas waktu, dll. Jangan lupa kamu juga harus mengatur harga minimum, menetapkan waktu lelang, atau menetapkan loyalty agar terus mendapatkan uang dari NFT.

7. Mempromosikan di media sosial

Sama seperti berjualan barang lainnya, kita perlu melakukan promosi seluas-luasnya nih. Di sini penting banget skill marketing agar penjualan bisa melonjak. Media sosial seperti twitter, Instagram, dll bisa kamu gunakan dan kamu bisa buat semenarik mungkin agar orang-orang bisa tertarik untuk membeli NFT kamu. Salah satu konten yang sangat menarik dan di minati orang adalah cuplikan behind the scene. Jadi, kamu bisa tuh menunjukkan bagaimana proses pembuatan dari NFT kamu berupa video time-lapse. Platform yang terkenal sekali dan sangat sering di gunakan para seniman NFT itu twitter! Oh ya, media sosial in ikan sangat besar sehingga konten kamu bisa saja tenggelam dan tidak terlihat lagi oleh orang lain. Maka dari itu, gunakanlah hashtag agar orang bisa dengan mudah melihat konten kamu!

8. Cobalah berkolaborasi

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Begitu kalau kata peribahasa 😀 Di dunia NFT juga demikian, kamu bisa berkolaborasi dengan seniman-seniman yang cukup terkenal biar karyamu “terlihat” oleh orang lain dan di anggap lebih “trusted”. Seperti contoh ada sebuah karya yang di buat oleh 100 seniman dan tidak terjual, tetapi ketika mereka berkolaborasi dengan seniman terkenal, karya tersebut bisa terjual senilai 89 US dollar!!

Nah, begitu deh 8 step untuk terjun ke NFT dengan membuat dan menjualnya biar kamu cuan terus!! Bagaimana? Sudah siap untuk bercuan di dunia NFT? Tunggu apa lagi? Ayo buruan buat karya terbaikmu dan pasarkan segera!!!

Baca Juga: https://davidwijaya.com/sesimpel-ini-8-step-buat-kamu-yang-baru-terjun-di-dunia-nft/

Jangan lupa Give Applause, Komentar kalau masih ada yang bingung, dan Share ke teman terdekatmu. Follow juga IG @davidwijaya23 untuk informasi seputar keuangan, produktivitas, dan buku yaaa!

Sumber:

https://www.smarteye.id/blog/langkah-untuk-jual-nft/

Penulis:

Kategori: Investasi

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin