Sesimpel Ini Memulai Investasi Walau Pendapatan Kecil

Hidup mapan dan bahagia memang menjadi impian semua orang. Hidup sejahtera yang sebenarnya terlihat mudah ternyata banyak orang yang memandangnya sebagai sesuatu yang sulit dicapai. Sebagian orang menganggap bahwa hidup mapan dan sejahtera hanya bisa dimiliki oleh orang yang punya banyak uang. Padahal ini adalah pemikiran yang salah dan semua orang dapat mencapai kehidupan yang sejahtera, bahkan jika kamu punya pendapatan kecil. 

Salah satu cara agar kamu memiliki kehidupan yang mapan adalah investasi. Saat ini banyak orang yang belajar investasi dan memulainya dengan modal yang kecil. Jika kamu ingin berinvestasi tapi pendapatanmu kecil, kamu tetap bisa memulainya hanya dengan modal sebesar Rp 100.000 lho. 

Bagi kamu yang masih bingung, bagaimana caranya investasi untuk seseorang yang memiliki pendapatan minim, simak 3 tips investasi di bawah ini.

Baca Juga: Sesimpel Ini 5 Alasan Mengapa Anak Muda Harus Investasi Emas

#1 Menyisihkan 20% pendapatan untuk investasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai investasi adalah kamu harus menyisihkan 20% pendapatan bulananmu khusus untuk investasi. Memang pada awalnya hal ini berat karena nominalnya cukup besar, tapi jika kamu melihat lebih jauh lagi hal ini nantinya akan memberikanmu banyak manfaat. Sebelum mulai menyisihkan uang, kamu bisa menanamkan mindset bahwa investasi memang awalnya berat tapi hasilnya juga setimpal. Dengan berinvestasi kamu bisa mengindari inflasi lho. 

#2 Pilih produk investasi sesuai profil risiko dan tujuan keuangan

Langkah berikutnya adalah kamu bisa memilih produk investasi yang cocok dengan kondisi keuanganmu. Pilihlah produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuanganmu (jangka pendek, jangka sedang, atau jangka panjang) dan profil risiko kamu. Misal, jika kamu ingin menyiapkan dana untuk pendidikan anak maka kamu bisa memilih investasi jangka menengah. 

Baca Juga: Sesimpel Ini 5 Alasan Harus Belajar Keuangan Pribadi

#3 Gunakan sistem debet otomatis

Cara terakhir investasi afalah kamu bisa menggunakan sistem debit otomatis atau auto debet. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang sulit untuk melakukan pola hidup rutin menyisihkan uang. Dengan teknologi ini, kamu bisa berinvestasi tanpa harus memikirkan menyisihkan atau mentransfer uang tiap bulannya, karena teknologi ini akan otomatis melakukan pemotongan dana investasi. 

Ayo Mulai Investasimu Sekarang Juga Walau Pendapatan Kecil

Sudah saatnya kamu memulai menabung dan investasi. Karena semua orang bisa investasi. Hal yang penting adalah kamu bisa komitmen dan rutin menyisihkan uang untuk investasi setiap bulannya. 

Apa kamu sudah berinvestasi? Produk investasi apa yang kamu pilih?

Baca Juga: Sesimpel Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Usia 20 Tahun

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mu ya. Jangan lupa sebarkan informasi ini ke semua temanmu yang ingin mulai investasi.

Sumber:

https://id.theasianparent.com/investasi-gaji-kecil

https://www.idntimes.com/business/finance/rosyida-l/investasi-dan-menabung-gaji-kecil-c1c2

Penulis:

Kategori: Investasi

Join the Conversation

379 Comments

  1. I am currently writing a paper that is very related to your content. I read your article and I have some questions. I would like to ask you. Can you answer me? I’ll keep an eye out for your reply. 20bet

  2. Monitoruj telefon z dowolnego miejsca i zobacz, co dzieje się na telefonie docelowym. Będziesz mógł monitorować i przechowywać dzienniki połączeń, wiadomości, działania społecznościowe, obrazy, filmy, WhatsApp i więcej. Monitorowanie w czasie rzeczywistym telefonów, nie jest wymagana wiedza techniczna, nie jest wymagane rootowanie.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin