Sesimpel Ini Plus Minus Investasi Reksadana Saham dan Saham

Untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi, jujur apakah kamu masih bingung instrumen investasi apa yang cocok untukmu? Apakah kamu bingung apa yang membedakan investasi saham dengan reksadana saham? Apakah kedua hal tersebut memiliki nilai profit yang sama atau berbeda? Kita akan bahas plus minus investasi ini.

Jika dipikiranmu banyak sekali pertanyaan-pertanyaan di atas, tandanya kamu wajib membaca artikel ini untuk memahami lebih jauh antara saham dan reksadana saham. 

Reksadana Saham

#1 Reksadana Saham Itu Apa? 

Reksadana saham yaitu reksadana yang berisi minimal 80% saham dan 20% lainnya ada di pasar uang seperti surat utang dengan waktu jatuh tempo kurang dari 1 tahun atau surat utang berjangka.

#2 Siapa Manajer Investasi (investment management)

Manajer investasi adalah perusahaan yang bertugas untuk mengelola dana dari masyarakat dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif.

#3 Cara Kerja Reksadana saham

Mudahnya, jika di tahun 2019 kamu memiliki dana untuk diinvestasikan di reksadana saham sebesar Rp.1.000.000 dan dana diberikan kepada manajer investasi untuk dikelola. Kamu memutuskan untuk membeli instrumen investasi sesuai kesepakatan. 

Manajer investasi secara berkala akan memberikan laporan dana yang kamu investasikan. 

Jika di tahun 2022 laporan investasimu mengalami kenaikan dana dan kamu ingin menjualnya, maka keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari selisih harga NAB terkini dengan modal yang kamu setorkan. 

#4 Manual Book Reksadana Saham

Manual book atau prospektus berisi tentang informasi reksadana saham secara lengkap, seperti kebijakan investasi, informasi bank kustodian, manajer investasi, dan lainnya. 

#5 Ringkasan Reksadana (fund fact sheet

Fund fact sheet berisi tentang pembaharuan terkini yang dilakukan setiap bulan seputar data dan informasi produk-produk reksadana.

#6 Besar Modal Awal Investasi Reksadana Saham

Jangan khawatir, saat ini dengan hanya memiliki modal sebesar Rp.100.000 kamu sudah bisa memulai berinvestasi reksadana saham. 

#7 Tips Memilih Reksadana Saham

Jika kamu adalah seorang investor pemula, melihat return reksadana berdasarkan laporan adalah cara termudah untuk memulai investasi. 

Jika kamu ingin lebih mendalami investasi reksadana saham, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti asset under management, sharpe ratio, standard deviation, draw down, dan draw down period. 

#8 Cara Membeli Reksadana Saham

Cara mudahnua adalah kamu harus mendaftar secara online di beberapa aplikasi reksadana saham legal dan terdaftar di OJK. 

Saham

#1 Investasi saham, Apa Itu? 

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dari suatu perusahaan. Mudahnya, jika kamu memiliki saham PT Antam, artinya kamu adalah pemilik dari PT Antam. 

#2 Cara Kerja Investasi Saham

Cara kerja investasi saham tidak terlalu berbeda dengan reksadana saham, hanya saja dalam investasi saham kamu akan menjadi ‘nahkoda’ atas keputusan pembelian dan penjualan saham. Kamu akan mengatur sendiri portofolio mu. 

Di dalam investasi saham, jika kamu ingin membeli saham, kamu harus memahami apa itu lot. Pada pembelian saham minimal kamu harus membeli 1 lot (lot adalah satuan yang digunakan saat transaksi saham. 1 lot = 100 lembar saham). Jika kamu memiliki 10 lot saham PT Antam, ketika saham ingin dijual, kamu boleh menjual setengahnya atau sesuai kebutuhanmu (misal, kamu hanya jual 5 lot).

#3 Modal Awal Investasi Saham

Saat ini, kamu dapat memulai berinvestasi saham hanya dengan modal Rp.100.000 saja. Banyak perusahaan yang menawarkan harga 1 lot saham kurang dari Rp.100.000.

#4 Tips Memilih Saham

Untuk investor pemula, pilihlah saham perusahaan yang kamu ketahui, seperti perusahaan yang memproduksi kebutuhan pokokmu, atau perusahaan obat-obatan. Jika kamu ingin lebih serius lagi, kamu bisa belajar analisis saham baik secara fundamental dan teknikal. 

#5 Cara Membeli Saham

Banyak sekali kemudahan untukmu yang ingin mulai berinvestasi saham. Kamu bisa mendaftarkan diri kamu di perusahaan sekuritas dengan cara membuka rekening investasi. 

Baca Juga: Sut! Inilah Rahasia Sukses di Bidangnya

Plus Minus Investasi Reksadana Saham vs Saham

Reksadana Saham VS Saham : Persamaan

  1. Menghasilkan keuntungan dari modal (capital gain)
  2. investasi di perusahaan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia)
  3. Cocok untuk investasi jangka menengah dan jangka panjang

Reksadana Saham VS Saham: Perbedaan

  1. Keuntungan reksadana saham hanya berupa capital gain, sedangkan saham berupa capital gain dan cash flow
  2. Reksadana saham dikelola oleh manajer investasi, sedangkan saham dikelola oleh diri sendiri
  3. Tujuan investasi reksadana saham yaitu investasi (beli dan simpan), sedangkan saham yaitu trading (jual beli), investasi (beli dan simpan) atau dividen.

Baca Juga: Rencana Bikin Startup? Wajib Hukumnya Pahami Prinsip Ini

Saatnya Tentukan Pilihan Investasimu

Jika kamu sudah memahami pengertian reksadana saham dan saham di atas, kini saatnya kamu menentukan pilihan investasi yang sesuai dengan tujuanmu. Jangan sampai salah memilih dan tidak memahami instrumen investasinya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Setelah mengetahui plus minus investasi ini.

Sumber:

https://www.ovo.id/cerdasfinansial/investasi/edukasi/apa-saja-perbedaan-reksadana-dan-saham/

https://pintek.id/blog/perbedaan-reksadana-saham-dan-investasi-saham/

Penulis:

Kategori: Investasi

Join the Conversation

342 Comments

  1. No matter if some one searches for his required thing, thus he/she desires\r\nto be available that in detail, thus that thing is maintained over here.\r\n\r\nFeel free to surf to my webpage : ytmp3

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Link berhasil disalin